top of page

Ketahui Hal ini Sebelum Menjadikan Cincin Perak Sebagai Cincin Nikah


Anda pecinta cincin perak? Atau anda ingin memiliki cincin perak sebagai perhiasan anda bahkan koleksi anda? Sebelumnya anda perlu mengetahui mengapa bahan logam perak digunakan sebagai salah satu bahan untuk perhiasan.

 

Perak merupakan salah satu jenis logam mulia yang cukup lunak dari sifat bahannya, namun jika diolah dan digunakan sebagai perhiasan maka perak merupakan salah satu bahan yang sangat cocok, sebab perhiasan yang menggunakan bahan perak akan lebih mudah dibentuk dan diberikan berbagai macam model. Tentunya hal tersebut memberikan kesan tidak monoton pada perhiasan yang menggunakan bahan perak sebagai perhiasannya. Salah satu perhiasan yang cocok digunakan dari bahan perak adalah cincin. Cincin nikah perak yang kita ketahui di pasaran sangat banyak dan beragam model yang disuguhkan sehingga hal tersebut sangat menarik perhatian pecinta perhiasan dan juga pecinta logam mulia. Sehingga banyak yang berbondong-bondong mencari cincin perak dengan kualitas yang sangat baik.

Berbicara mengenai kualitas dari cincin perak itu sendiri, tentunya muncul pertanyaan dibenak kita bahwa apakah ada cincin nikah perak yang berkualitas rendah dan bahkan cincin tersebut merupakan manipulasi dari penjual saja? Menanggapi pertanyaan tersebut tentu banyak cincin perak dengan kualitas yang diragukian, maka dalam hal tersebut kami akan memberikan anda beberapa tips apabila anda memilih cincin perak sebagai perhiasan pernikahan anda.

Yang pertama anda perlu mengetahui toko perhiasan yang terpercaya, dan hindari toko perhiasan yang tidak menjelaskan secara detail mengenai barang yang anda ingin miliki salah satunya adalah cincin berbahan dasar perak. Bahan perak yang mudah dilebur memudahkan juga bagi para penjual memanipulasi cincin nikah perak yang dijualnya, banyak penjual yang membuat cincin dengan bahan tembaga dan melapisinya dengan lapisan perak, tentunya cincin tersebut tidak dapat dikatakan murni cincin perak.

Hal tersebut sangat buruk karena apabila perak hanya sebagai lapisan lambat laun pasti akan memudar dan lapisan tembaga akan mulai terlihat. Tentunya anda tidak menginginkan hal tersebut terjadi. Maka dari hal itu kami menyarankan anda datangi toko perhiasan yang memang terpercaya dan dapat membuktikan keaslian dari cincin perak yang anda ingin miliki. Jika anda ingin memiliki cincin dengan kualitas perak yang murni 99,9% kemurnian berbahan perak maka biasanya cincin perak tersebut akan dilengkapi dengan informasi kandungan perak murni yang diberi label, dengan berat asli dari pada cincin itu sendiri. Jangan juga tertipu dengan istilah kata yang digunakan apabila anda membeli cincin perak secara online seperti istilah “cincin perak germanium” atau “nicle silver” bar, kami menyarankan kepada anda tidak membeli cincin jenis ini, karena “cincin perak jerman” adalah nama lain dari cincin perak nikel yang dimana kandungan bahannya adalah paduan tembaga, logam nikel, dan logam seng yang dimana tidak terdapat logam perak sama sekali.

Panjang lebar menjelaskan mengenai cincin perak tentunya kami akan menginformasikan kepada anda juga bagaimana cara menguji keaslian dari cincin nikah perak itu sendiri sebagai berikut;

Menguji Keasilan Cincin Perak

Jika lokasi anda dekat dengan toko perhiasan maka datangilah toko tersebut yang dimana berbeda dengan toko yang anda beli dan anda curigai, setelah itu tinggal anda minta untuk memeriksa keaslian dari cincin perak yang anda miliki. Atau jika yang terdekat adalah toko pegadaian anda juga bisa memanfaatkannya dengan meminta untuk memeriksa keaslian dari cincin perak tersebut, karena pegadaian mempunyai alat khusus mendeteksi logam mulia jenis perak. Selanjutnya adalah jika anda telah memiliki juga cincin perak yang lain dimana sudah teruji keasliannya, anda dapat menguji cincin perak yang baru anda miliki dengan tes yang sangat sederhana yakni menguji bunyi cincin perak.

Pertama tama anda coba jatuhkan cincin perak yang asli dan rekam diotak anda suaranya dan selanjutnya anda jatuhkan cincin perak yang anda baru miliki, jika bunyi yang terdengar sama maka cincin tersebut berbahan perak yang sama, namun jika berbeda ya anda sudah tau jawabannya.

Pengujian selanjutnya yakni dengan mengujinya menggunakan es batu, cincin yang berbahan perak asli dan murni akan lebih cepat mencairkan es sebab bahan perak merupakan logam dengan sifat konduktor paling baik diantara logam-logam yang lain, anda uji kepada dua cincin yang asli dan yang anda ragukan, apabila cincin yang anda ragukan lebih lama melelehkan es batu maka ada kemungkinan cincin tersebut hanyalah cincin tembaga yang dilapisi lapisan perak saja, bukan cincin asli dan murni.

Selanjutnya pengujian yang mudah lainnya adalah dengan mengujinya menggunakan magnet. Sebab perak murni dan asli tidak akan terpengaruh dengan daya tarik dari magnet. Jika anda tempelkan cincin perak pada magnet dan ada terasa daya tarik dari cincin tersebut maka cincin tersebut banyak mengandung besi. Dan untuk memastikan dengan akurat adalah dengan menggunakan asam sitrat, anda bisa mengetahuinya dari warna goresan yang diteteskan dengan asam sitrat dan warna tersebut akan menunjukan seberapa banyak kandungan perak pada cincin tersebut.

Namun perlu anda ingat kembali, karena perak merupakan jenis logam mulia yang lunak, semakin tinggi kandungan perak maka akan semakin lunak cincin kawin perak tersebut, akibatnya adalah semakin mudah tergores, ponyok atau rusak, namun juga semakin rendah kandungan perak yang terdapat pada cincin maka semakin mudah warna dari perak tersebut memudar karena teroksidasi.

Kadar Perak pada Tiap Cincin

Anda juga bisa mengetahui kandungan perak dalam cincin, biasanya akan diberikan tanda atau symbol seperti apabila kandungan perak tersebut adalah murni maka akan terdapat tanda 999. Menandakan bahwa mengandung perak asli dan murni, dan kandungan 99.95 yang biasanya digunakan untuk kandungan pada perhiasan. Pada perhiasan biasanya kandungan perak yakni mencapai 92,5% dan sisanya yakni 7,5% terkandung tembaga atau campuran lainnya, biasanya hal tersebut dikenal dengan perak 925. Kandungan tersebut cukup baik dan bagus jika dijadikan sebagai perhiasan. Atau anda juga bisa memesan perak murni sterling dimana dilapisi dengan lapisan emas putih, gunanya agara warna yang terdapat pada cincin perak anda tidak mudah pudar dan juga bisa tahan lama, selain itu juga akan Nampak terlihat lebih berkilai dan bagus.

Selain itu biasanya pemilihan cincin perak juga bisa digunakan sebagai cincin nikah atau cincin tunangan, karena pada kaum pria muslim dalam agama dilarang menggunakan perhiasan yang berbahan emas, sehingga perhiasan dengan berbahan perak merupakan pilihan alternative yang terbaik jika digunakan sebagai cincin pernikahan. Pemilihan cincin perak merupakan pemilihan yang baik selain dari pada untuk koleksi, hobi, fashion, penampilan, dan juga sebagai pilihan cincin untuk anda denganh pasangan karena kepopuleran cincin perak sebagai logam mulia yang sudah banyak dikenal dikalangan masyarakat luas. Cincin dengan material perak pun tidak kalah berkelas dibandingkan dengan cincin berbahan lain yang dimana sama sama mempunyai kelebihan dan kekurangan secara sifat, penampilan dan juga ketahanan pada cincin tersebut.

Save

bottom of page