top of page

Beberapa Kelebihan cincin kawin Emas Putih bila dibandingkan dengan Emas Kuning


Membeli maupun mempunyai cincin kawin merupakan suatu hal yang sangat diharapkan oleh sepasang kekasih yang hendak atau telah siap untuk melaksanakan pernikahan. Hal ini merupakan sesuatu hal yang wajar mengingat pentingnya peran sebuah cincin kawin pada suatu pernikahan. Ada yang menganggapnya sebagai simbol ikatan cinta mereka ataupun sebagai tanda komitmen mereka dalam menjalani bahtera pernikahan nantinya. Di antara para pasangan tersebut ada yang mengharapkan cincin kawin yang terbuat dari bahan emas kuning maupun emas putih. Selain itu, ada pula pasanngan yang berharap cincin kawin yang terbuat dari bahan perak, platina, titanium dan lain sebagainya, semuanya tergantung selera masing-masing. Setiap bahan tersebut tentunya memiliki kekurangan dan kelebihannya masing-masing. Seperti platina misalnya, bahan ini merupakan salah satu bahan pembuat cincin yang paling bagus bila dibandingkan dengan jenis bahan cincin lainnya. Banyak cincin-cincin dengan desain yang sangat cantik dan menawan yang terbuat dari bahan ini, cincin ini juga tetap aman bagi para pemakainya yang memiliki kulit sensitif. Namun, dengan kelebihannya yang seperti itu tadi, bahan cincin ini juga memiliki kekurangan, yaitu keberadaannya yang sudah sangat langka bila dibandingkan dengan jenis bahan lainnya. Karena kelangkaannya ini pula, bahan cincin yang satu ini memiliki harga yang jauh di atas bahan cincin lainnya. Nah, kali ini kita tidak akan mengulas tentang cincin yang terbuat dari bahan platina, namun kita akan mengulas lebih dalam terkait perbandingan antara emas kuning dan juga emas putih. Di pasaran saat ini telah tersedia berbagai macam cincin emas kuning maupun cincin emas putih dengan desain maupun motif yang berbeda-beda.

Namun, di antara berbagai pilihan tersebut, mayoritas orang lebih memilih untuk membeli cincin yang terbuat dari bahan emas putih, apakah alasannya? Berikut kami telah merangkum beberapa perbandingan yang menyebabkan cincin emas putih lebih diminati dibanding cincin emas kuning.

  • Cincin Kawin yang terbuat dari emas putih terlihat lebih elegan

Bila kamu kerap datang ke sebuah acara pernikahan ataupun perkawinan, di masa sekarang ini sudah agak jarang orang yang menggunakan cincin dengan bahan emas kuning sebagai cincin kawin atau cincin kawinnya. Hal ini disebabkan karena cincin dari bahan emas kuning yang terlihat lebih mencolok sehingga membuatnya terlihat sedikit jadul. Selain itu, cincin yang terbuat dari bahan dasar emas putih terlihat lebih elegan bila dibandingkan dengan cincin yang terbuat dari bahan emas kuning.

  • Emas Putih Mempunyai Kandungan Paladium

Hal yang paling mendasar serta yang paling mudah untuk membedakan antara emas putih dan emas kuning adalah warnanya. Selain itu, ada pula faktor yang lain yang dapat digunakan untuk membedakan kedua jenis bahan ini, yaitu kandungan dari masing-masing emas tersebut.

Emas kuning merupakan sejenis emas murni yang biasanya dicampur dengan perak yang berwarna kuning saat akan dibentuk sebagai perhiasan. Sedangkan emas putih merupakan sejenis emas yang dicampur dengan logam palladium saat proses pembentukannya. Paladium merupakan salah satu jenis logam langka yang memiliki warna putih mengkilap. Paladium memiliki sifat lunak bila dipanaskan serta akan bersifat keras dan kuat bila telah didinginkan. Hal inilah yang membuat cincin yang terbuat dari emas putih bakal memiliki daya tahan yang lebih kuat bila dibandingkan dengan emas kuning.

  • Emas Putih Akan Lebih Bermanfaat

Hal utama yang kerap membuat orang memilih menggunakan cincin yang terbuat dari emas putih adalah karena warnanya yang putih mengkilap. Warna ini yang akan membuat kamu terlihat lebih menawan dan juga terlihat elegan saat mengenakan cincin yang terbuat dari emas putih. Selain itu, faktor lain yang kerap membuat para pasangan lebih memilih emas putih dibandingkan emas kuning adalah karena jenis logam ini lebih bisa dijadikan sebagai alat investasi jangka panjang. Hal ini disebabkan oleh harga dari emas putih yang terlampau mahal serta mempunyai nilai tukar atau nilai jual kembali yang lebih tinggi pula.

  • Emas Putih memiliki massa yang lebih ringan dibandingkan dengan Emas Kuning

Emas putih memang memiliki ketahanan yang lebih bila dibandingkan dengan emas kuning, tetapi hal ini tidak menyebabkan emas kuning memiliki massa yang lebih berat dibandingkan dengan emas kuning. Sebaliknya, emas putih memiliki massa yang lebih ringan bila dibandingkan dengan emas kuning. Dengan begitu, akan dapat membuat jarimu lebih nyaman saat kamu mengenakan cincin emas putih.

  • Emas Putih dapat menghasilkan Cincin yang lebih Berkilau

Dengan menggunakan cincin yang terbuat dari bahan emas putih, hiasan mata cincin yang terpasang pada cincinmu akan lebih menonjol. Terlebih lagi bila mata cincinmu merupakan berlian maupun batu rubi yang memiliki warna yang sangat cantik. Cincin dengan bahan emas putih bakal membuat berlianmu tersebut terlihat lebih mencolok dan mengkilap.

  • Emas Putih Dilapisi oleh Rodium

Bila di atas tadi disebutkan kalau emas putih memiliki kandungan palladium sebagai campurannya, ada pula bahan lain yang digunakan sebagai pelapis, yaitu Rhodium. Rhodium merupakan sejenis logam mulia yang memiliki harga yang sangat mahal. Bahkan bisa dibilang kalau harga dari rhodium bakal jauh lebih mahal bila dibandingkan dengan harga emas asli. Selain itu, rhodium juga merupakan sejenis logam yang amat sukar untuk diolah. Lapisan rhodium yang terdapat pada cincin berbahan emas putih bakal membuat cincin tersebut terlihat lebih berkilau. Hal ini juga lah yang menyebabkan harga dari cincin yang terbuat dari emas putih terlampau lebih mahal dibandingkan dengan cincin yang terbuat dari bahan emas kuning.

bottom of page