top of page

Kesalahan Yang Sering Dilakukan Pasangan Dalam Membeli Cincin Pernikahan


Wanita mana yang tak merasa bahagia ketika pasangan yang sudah ia dambakan sejak dahulu datang menemui keluarga untuk meminta restu dan membicarakan lebih lanjut mengenai hubungan yang selama ini sudah kalian jalani serta dengan membawa sebuah cincin pernikahan.

 

Ketika kalian sudah berada dalam posisi ini, kamu harus sadar bahwa sebentar lagi akan ada banyak sekali hal yang perlu kalian persiapkan dan kalian fikirkan dengan matang-matang, salah satunya adalah ketika membeli cincin tunangan dan cincin pernikahan.

Sebenarnya tidak hanya cincin tunangan dan cincin pernikahan saja yang perlu kalian persiapkan, namun hal-hal lain seperti gaun pernikahan, undangan, konsep pesta, dan lain sebagianya juga harus menjadi perhatian kita. Namun kalian harus memberikan perhatian yang lebih kepada cincin pernikahan, karena hal yang satu ini akan kita gunakan selamanya, berbeda dengan gaun pernikahan atau aksesoris lain yang hanya digunakan pada saat itu saja.

Namun sayangnya tidak semua pasangan mampu memilih dengan cerdasa tentang cincin pernikahan yang akan mereka beli. Rata-rata mereka hanya memperhatikan sisi keindahannya saja tanpa memperhatikan lebih lanjut apakah cincin pernikahan itu masih layak dipakai beberapa tahun yang akan datang dan masih kesalahan lainnya. Pada akhirnya, beberapa tahun setelah pernikahan mereka menemui sebuah penyesalan mengenai cincin pernikahan yang telah mereka pakai.

Nah bagi kamu pasangan yang akan segera melangsungkan pernikahan, sebaiknya lakukan pemilihan cincin pernikahan dengan cerdas, jangan sampai kamu melakukan beberapa kesalhan seperti berikut ini, yang pada akhirnya akan membuatmu menyesal.

Kesalahan paling umum dalam membeli cincin pernikahan

1. Membeli cincin mendekati hari H

Kesalahan pertama yang sering dilakukan beberapa pasangan dalam membeli cincin pernikahan yaitu melakukan pembelian ketika sudah mendekati hari H. Jika kamu seorang yang selalu update tentang dunia perhiasan dan memang sudah memiliki gambaran sebelumnya, hal ini sebenarnya boleh saja kamu lakukan, jadi pada saat itu kamu tinggal menemukan desain yang sudah kamu inginkan saja.

Namun beberapa pasangan tidak melakukan demikian, mereka baru memikirkan dan mencari-cari model cincin yang akan mereka kenakan pada saat itu. Kurangnya persiapan sedangkan waktu sudah sangat dekat pada akhirnya akan membuatmu tergesa-gesa yang akhirnya berujung pada pemilihan cincin pernikahan yang salah.

Kalo sudah begini siapa yang rugi? mulai sekarang hilangkan kebiasan buruk kamu yang satu ini ya, hal apapun akan jauh lebih baik jika ada persiapan sebelumnya.

2. Tidak sesuai dengan anggaran

Namamnya juga akan melangsungkan pernikahan, tentu saja ada banyak sekali hal yang harus kamu persiapkan, dan hal ini membutuhakn dana yang tidak sedikit. Bagi setiap dana yang kamu miliki untuk segala kebutuhan, jangan hanya terfokus pada cincin pernikahan saja, kamu juga perlu memikirkan kebutuhan lainnya.

Jadi sesuiakan cincin pernikahan yang ingin kamu miliki dengan anggaran yang ada ya. Tidak ada aturan yang mengharuskan kamu untuk membeli cincin kawin yang mewah kok, agar tidak menimbulkan masalah dikemudian hari belilah sebuah cincin yang realitis dan terjangkau untuk kamu dan pasangan.

3. Memilih cincin berdasarkan trend saat itu

Dan kesalahan yang selanjutnya yaitu membeli cincin kawin dengan menikuti trend yang ada pada sata itu. Sebagai seorang anak muda milenia yang selalu mengikuti perkembangan zaman, tentu saja kamu selalu update mengenai trend perhiasan yang ada pada saat itu.

Sekedar informasi saja, membeli cincin pernikahan berdasarkan trend yang ada saat itu bukanlah pilihan terbaik, apalagi jika cincin tersebut memiliki bentuk yang terlalu aneh, biasanya pada tahun berikutnya cincin ini sudah tidak menarik lagi.

Belilah sebuah cincin yang bersifat timeless, sebuah cincin yang akan selalu menarik sampai kapanpun.

4.Terlalu banyak menarik perhatian orang

Ketika kita menjadi pusat perhatian, memang ada kebanggaan tersendiri yang akan kita dapatkan. Namun kamu patut berhati-hati karena tidak semua orang itu baik, beberapa orang yang tertarik dengan cincin pernikahan yang kamu kenakan mungkin ada yang memiliki niat buruk, misalkan ingin mencuri. Jadi kamu perlu hati-hati ya ketika menggunakannya, jangan sampai hal ini menimbulkan petaka bagi kamu dan pasangan.

5. Tidak sesuai dengan pekerjaan

Jangan sampai cincin kawin yang ingin kamu miliki mengganggu aktivitas yang sangat penting dalam kehidupan, msalkan pekerjaan atau gaya hidup. Sesuakan dengan kebiasaan yang kamu jalani, misalkan kamu adalah seorang atlet renang, maka pilihlah sebuah cincin yang memang tahan terhadap air, dan lain sebagainya.

6. Cincin kembar

Banyak sekali pasangan yang mengira bahwa cincin pernikahan itu harus memiliki model yang sama. Ini adalah pandangan yang salah, kamu bisa memilih sebuah cincin yang memiliki bentuk tidak sama kok, asalhkan masih dalam satu konsep.

Seperti yang kita ketahui bahwa kadang sebuah cincin bisa sangat cocok jika dikenakan oleh seorang wanita, namun akan terlalu feminim jika digunakan pasangan pria. Jadi jangan hanya berfokus pada cincin dengan bentuk sama, kamu juga bisa memilih cinci kawin dengan desain berbeda.

7. Membeli secara online

Membeli barang secara online memang meberikan banyak sekali kemudahan, namun hal ini terlalu beresiko untuk sebuah perhiasan, termasuk cincin pernikahan. Hindari pembelian secara online, karena apa yang ada di gambar tidak selalu sesuai dengan kenyataan. Bukankah kamu tahu bahwa teknologi yang ada sekarang ini sudah sangat canggih?

Berikut beberapa kesalahan yang paling umum dilakukan pasangan dalam membeli cincin pernikahan, agar tidak ada penyesalan-penyesalan lain dalam membeli cincin kawin, kamu jangan sampai mengulangi kesalahan yang sama ya.

bottom of page