top of page

Makna Yang terkandung Mengenai Tukar Cincin Kawin


Bagi anda yang akan melangsungkan pernikahan, ada baiknya mengetahui makna dari cincin kawin. Banyak yang beranggapan bahwa cincin yang biasanya di pakaikan pada saat ijab dan qabul tidak hanya melambangkan atau sekedar pelengkap pada pernikahan saja.

Sebenarnya jika kita telusuri lebih dalam lagi, cincin kawin ternyata memiliki banyak makna yang belum kta ketahui. Baik dari segi kepribadian kedua sang mempelai maupun dari segi perasan dan segi tanggung jawabnya.

Dilansir dari bersosial.com cincin kawin ternyata mempunyai banyak makna yang belum banyak orang mengetahuinya. Padahal mengetahui makna tarsebut merupakan salah satu hal yang penting. Apa saja makna cincin kawin tersebut? Yuk, simak lebih lengkapnya pada artikel berikut ini:

  • Tujuan hidup lebih terarah

Bagi anda yang sudah menikah pasti merasakan perbedaan kebiasaan sebelum dan sesudah menikah, perubahan tenteng sifat dan karakter seseorang. misalnya dilihat dari segi waktu, mereka yang masih bujangan pada umumnya menghabiskan waktu dengan hal-hal yang kurang bermanfaat. Seperti kebiasaan selalu begadang hanya untuk ngobrol dengan teman, waktu makan dan tidur yang tidak teratur, bahkan sampai lupa karena keasikan. Lain halnya dengan mereka yang sudah menikah, pasti ada yang mengingatkan sehingga berangsur-angsur kebiasaan buruk yang sering dilakukan akan menghilang dengan sendirinya. Karena cinta bisa merubah segalanya, seperti dari benci menjadi sayang, dari kikir menjadi dermawan, bahkan dari setan pun bisa menjadi malaikat berkat cinta. Di kala jauh pun yang melekat lah yang satu-satu nya akan menjadi kenangan bagi kedua pasangan.

  • Punya teman sejati

Mereka yang belum menikah pasti mempunyai teman curhat dan teman bercanda namun tetap memiliki batasan-batasan tertentu. Seperti batasan waktu, perasaan ataupun sebagainya. Berbeda dengan mereka yng sudah menikah, dia mempunya teman sejati, di katakan demikian karena pasangannya selalu ada bersamanya setiap saat. Di kala senang maupun dikala sedih. Di kali di atas maupun ketika di bawah. Bahkan pasangan setelah menikah bukan hanya untuk di jadikan teman curhat namun juga tempat untuk memadu cinta dan kasih, memberikan segalanya untuk pasangannya karena mereka sadar pasangannya adalah sebagian dari hatinya. Oleh karenanya dibuat dari dua bagian, yaitu satu untuk mempelai pria dan satu unutk mempelai wanita. Ini menandakan bahwa hidup mereka adalah satu bagian dan saling memiliki satu sama lain.

  • Pelimpahan tanggung jawab

Prosesi tukar dalam pernikahan , bisa di artikan sebagai pelimpahan tanggung jawab dari si ayah mempelai wanita kepada menantu yaitu sang mempelai pria. Semua tanggung jawab dari memeplai wanita seperti nafkah, sandang, pangan, dan berbagai hal lainnya menjadi tanggung jawab si pria. Sehingga dapat di simpulkan bahwa tukar melambangkan sang suami bersedia menanggung semua kebutuhan sang isteri dalam kehidupan sehari-hari. Bagi anda yang akan melangsungkan pernikahan ada baiknya anda harus benar-benar siap mental. Karena untuk menghadapi bahtera rumah tangga dibutuhkan kesiapan mental, menikah bukan hanya melulu tantang kebahagiaan hidup. Namun, tak jarang banyak kerikil-kerikil tajam yang akan menghiasi kehidupan pernikahan anda. sehingag kehidupan rumah tangga harus di dasari dengan cinta. Berkaca dari pengalam banyak orang mampu mengahdapi kesusahan bersama dengan memiliki cinta. Salah satu manfaat dari adalah ketika sepasnag suami isteri sedang berjauahn yang tinggal hanyalah kennagan yang melekat di jari manis mereka yaitu tersebut.

Itulah beberapa makna yang terkandung dari prosesi tukar cincin kawin dalam pernikahan. Sempga dengan mengetahui makna tukar cincin akan membuat pernikahan anda semakin bermakna pula. Terimakasih telah membaca artikel yang telah kami sajikan dan semoga membawa manfaat bagi anda.

bottom of page